Wednesday 10 June 2015

10 Royal Wedding Paling Berpengaruh di Dunia

Pangeran Charles dan Putri Diana (Foto:BBC)
SOLO – Hari ini adalah hari istimewa bagi Pasangan Gibran Rakabuming Rakadengan Selvi Ananda, pasangan tersebut akan melangsungkan pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.
Lamaran Gibran-Selvi
Pernikahan pasangan tersebut menarik perhatian khalayak ramai karena merupakan yang pertama kali bagi Presiden Joko Widodo untuk memiliki menantu. Ternyata di dunia ini ada  pernikahan Royal Wedding juga menarik diikuti.
Seperti dilansir Slice, Kamis (11/6/2015), Berikut ini adalah 10 Royal Wedding yang paling berpengaruh di dunia.
1. Pernikahan Pangeran Reiner III dan Grace Kelly (18 April 1956)
Pernikahan Royal Wedding dari Monaco ini sempat menjadi perhatian publik saat itu, pasalnya Grace Kelly merupakan bintang Film Holywood dan kabarnya mengahabiskan dana jutaan Dollar Amerika Serikat. Namun, tidak ada informasi mengenai besarnya dana yang dihabiskan.
2. Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton (29 April 2011)
Pernikahan kali ini bisa dibilang Royal Wedding di Abad ke-21, pasalnya jutaan pasang mata melihat prosesi pernikahan mereka melalui layar televisi. Pernikahan ini juga akan menentukan garis penerus tahta Kerajaan Inggris.
3. Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana (29 Juli 1981)
Pada masanya pernikahan ini menjadi pemberitaan utama media masa di dunia, hal ini disebabkan Putri Diana pada saat itu bukan berasal dari kalangan istana, bahkan ada pihak yang menyebutkan pernikahan mereka seperti di negeri dongeng. Sayangnya, kedua pasangan ini harus bercerai pada 1996.
4. Pernikahan Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson (23 Juli 1986)
Pangeran Andrew yang juga merupakan anak kandung dari Ratu Elizabeth memiliki kekhasan tersendiri dalam pernikahannya. Kabaranya biaya pernikahan ini juga menghabiskan dana yang besar.
5. Pernikahan Pangeran Abdullah dan Rania (10 Juni 1993)
Royal Wedding dari Yordania ini sempat membuat sensasi bagi rakyat di Timur Tengah, pasalnya Putri Rania tidak menggunakan jilbab pada saat acara pernikahannya. Sesuatu yang dianggap aneh bagi masyarakat Arab.
6. Pernikahan Pangeran Felipe dan Putri Letizia ( 22 Mei 2004)
Royal Wedding dari Spanyol ini sempat mendapat kritikan dari rakyatnya, pasalnya biaya pernikahan ini dikabarkan menghabiskan biaya yang besar di saat Spanyol sedang mengalami krisis keuangan.
7. Pernikahan Pangeran Al Muhtadee Billah Bolkiah dan Putri Sarah ( 9 September 2004)
Pernikahan Royal Wedding dari Brunei Darussalam ini menelan biaya hingga USD6 juta atau setara dengan Rp78 miliar.
8. Pernikahan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Putri Ashi Jetsun Pema (13 Oktober 2011)
Rakyat Bhutan mengatakan Royal Wedding rajanya seperti di negeri dongeng. Pasalnya Putri Ashi hanya berasal dari kalangan rakyat biasa, tetapi jodohlah yang menyatukan mereka.
9. Pernikahan Pangeran Haji Muhamad Ruzaini dan Putri Hafizah Sururul Bolkiah (20 September 2012)
Satu lagi royal wedding dari Brunei Darussalam ini mengahabiskan dana sebesar USD20 juta atau setara dengan Rp260 miliar.
10. Pernikahan Yoshiki Kuroda dengan Putri Sayako Kuroda (15 November 2015)
Royal Wedding dari Jepang ini memiliki kekhasan tersendiri, paslnya Putri Sayako adalah anak dari Kaisar Akihito sedangkan Yoshiki hanya rakyat biasa. Akibatnya, garis keturunan dari Putri Sayako tidak berhak mendapatkan urutan pewaris tahta Kekaisaran Jepang.

Author:

0 komentar: