Friday 2 January 2015

Pep Tularkan Tiki-Taka ke Penjuru Dunia

Pep Tularkan Tiki-Taka ke Penjuru Dunia

BARCELONA - Javier Mascherano menganggap mantan pelatihnya di Barcelona, Josep Guardiola, telah banyak menularkan filosofi permainan umpan pendek ke berbagai tim di muka bumi. Bukan tanpa sebab, mengingat gaya khas tiki-taka sempat menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan.
 
Pria yang biasa disapa Pep itu, bisa dibilang merupakan perintis skema permainan dengan passing-passing pendek. Saat masih membesut Barca, pelatih berusia 43 tahun itu berhasil menciptakan strategi indah tersebut.
 
Hasilnya cukup mengesankan, di mana dalam beberapa tahun El Barca mampu menguasai kompetisi domestik dan Eropa. Hingga akhirnya, diyakini banyak klub yang mencoba mengadopsi strategi racikan Guardiola ketika berlaga.
Namun seiring berjalannya waktu, skema satu-dua sentuhan tersebut sudah dapat banyak dibaca dan ditebak lawan. Meski begitu, Mascherano tetap menyanjung kecerdasan Pep saat meracik gaya tiki-taka Barcelona.
“Guardiola sesorang yang perfeksionis. Dia membawa kami yang paling dekat dengan keunggulan dan kesempurnaan. Tim terbaik memiliki gaya dan filosofi bermain. Barcelona menunjukkan Anda dapat memenangkan segalanya saat bermain sepakbola indah,” ucap Mascherano, seperti dilansir Goal, Jumat (2/1/2015).
“Tanpa ingin menghormati tim lain dan pelatih lain, Guardiola menciptakan gaya pemenang yang kemudian banyak disalin tim lain. Barcelona tidak hanya memperbaiki diri sendiri, tapi meningkatkan permainan banyak tim di banyak liga,” pungkasnya. (sumber: okezone.com)

Author:

0 komentar: